Pasang Iklan di sini

 


11. Sumba

Sumba menjadi salah satu perhiasan yang ditmeukan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Sumba menawarkan desa-desa di puncak bukit dengan rumah tradisional beratap jerami dan berkerumun di sekitar makam megalitik.

Lokasi Sumba berada di tengah antara Pulau Komodo dan Sumbawa. Sumba juga berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan menjadi salah satu surga bagi para peselancar.

Lokasi-lokasi terkenal di Sumba:

a. Perkampungan sentra tenun ikat Sumba di Prailiu dan Lambanapu.

b. Kolam Renang Matawai di Kota Waingapu.

c. Wisata pantai di Kalala, Walakari, Londalima, Watu.

d. Perkampungan sentra tenun ikat di Praiyawang-Rindu dan Pa'U Umalulu.

e. Kawasan Taman Nasional Wanggameti-Laiwanggi yang meliputi Kecamatan Tabundung, Pinu pahar dan Matawai La pawu serta Kawasan Taman Nasional Tanadaru-Manupeu yang meliputi wilayah Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Sumba Tengah.

12. Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan salah satu destinasi unggulan Nusa Tenggara Barat (NTB). Gili Trawangan berada di sisi barat laut Pulau Lombok.

Di Gili Trawangan kamu akan mendapatkan lanskap pantai berpasir putih dengan sampan-sampan warna-warni yang terapung di air yang biru jernih. Kawasan di dekat Gili Trawangan yakni Gili Meno dan Air atau dikenal dengan sebutan Gili Tramena.

Mengutip situs Disbudpar NTB, berikut objek wisata Gili Trawangan:

a. Sepeda

Kawasan Gili Trawangan jauh dari polusi udara, tidak terdapat kendaraan motor karena dilarang oleh peraturan lokal. Kendaraan yang diizinkan di Gili Trawangan yakni sepeda dan cidomo (kereta kuda).

b. Kuliner

Ada banyak kafe dan tempat makan yang menyediakan hidangan seafood, Chinese food, dan juga street food.

c. Snorkeling

Gili Trawangan memiliki keindahan terumbu karang yang membuat takjub. Kawasan ini pun menjadi salah satu destinasi menarik untuk snorkeling.

13. Gunung Rinjani - Danau Segara Anak

Keindahan Gunung Rinjani sempat terbingkai dalam mata uang pecahan Rp 10.000 yang dikeluarkan Bank Indonesia pada 1998. Potret Gunung Rinjani yang muncul di permukaan danau kawah dikelilingi oleh tebing setinggi ratusan meter, serta puncak Gunung Rinjani yang menjulang ke angkasa menjadi daya tarik yang dipromosikan kepada masyarakat Indonesia.

Mengutip situs Taman Nasional Rinjani, Danau Segara Anak menjadi lokasi favorit untuk berkemah. Kawasan ini juga dianggap sebagai salah satu tempat suci oleh masyarakat Hindu di Pulau Lombok.

Objek wisata di Gunung Rinjani-Danau Segara Anak yaitu:

a. Air panas Aik Kalak

b. Pinggiran Danau Segara Anak

c. Air Terjun Penimbungan

d. Gunung Baru Jari

e. Savana Propok Sembalun

14. Mandalika

Mandalika merupakan sirkuit balap internasional yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, NTB. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan.

Lokasi-lokasi terkenal di Mandalika:

a. Pantai Kuta

b. Lagoon

15. Bunaken

Bunaken di Manado, Sulawesi Utara ini telah menjadi salah satu situs warisan Unesco sejak 2005 dan terus dijaga sampai sekarang. Keindahan alam dan keramahan warganya menjadikan kawasan ini sebagai destinasi wisata populer di dalam maupun luar negeri.

Kawasan ini merupakan kawasan konservasi yang ditetapkan Menteri Kehutanan pada 1991. Pemandangan alam bawah lautnya menjadi magnet bagi para penyelam.

Lokasi-lokasi terkenal di Bunaken:

a. Spot selam Malcolm, Bethlehem, Emma Point, dan Rumah Ikan.

b. Pulau Nain

c. Pulau Mantehage

d. Pulau Siladen

e. Pulau Manado Tua.

16. Danau Sentani

Danau Sentani merupakan salah satu andalan pariwisata di Papua. Danau Sentani bisa menjadi alternatif wisata selain Raja Ampat yang berlokasi dekat dengan bandara sehingga akses yang dituju pun mudah.

Objek wisata di Danau Sentani:

a. Festival Danau Sentani

Festival atau pesta rakyat ini digelar setiap setahun sekali pada bulan Juni. Festival ini biasa digelar di Kalkota di tepian Danau Sentani, kamu bisa melihat tampilan kebudayaan dan kesenian dari daerah setempat.

b. Teluk Youtefa

Teluk ini menyuguhkan lanskap jajaran pulau-pulau kecil yang tersusun indah. Pemandangan di Teluk Youtefa ini pun menyuguhkan panorama yang apik.

c. Puncak Ifar

Kawasan ini memiliki pemandangan indah dan memiliki nilai sejarah yang menarik. Selain memiliki keindahan alam daerah ini menjadi markas TNI Rindam XVII Cendrawasih.

d. Pantai Pasir Anam

Pantai Pasir Anam ini memiliki pasir putih yang masih asri. Pemandangan di sini terbilang asri karena dikelilingi perbukitan hijau.

e. Pantai Tablanusu

Pantai ini berjarak sekitar 2-3 jam dari Kota Jayapura. Pemandangan pantai berpasir putih dan air yang bersih akan memanjakan mata wisatawan.

17. Tana Toraja

Tana Toraja di Sulawsi Utara ini kental dengan adat dan budaya. Ada beragam destinasi wisata yang menarik dikunjungi di Tana Toraja, mulai dari budaya hingga alam.

Lokasi-lokasi terkenal di Toraja:

a. Gua Lemo

Gua Lemo merupakan makam bagi para bangsawan Tana Toraja. Makam ini merupakan perbukitan kapur dan dihiasi dengan ragam patung kayu yang dibentuk menyerupai orang yang sudah meninggal dan jasadnya dimakamkan ke dalam batu.

b. Patung Buntu Yesus Burake

Patung Yesus ini berada di atas Bukit Buntu Burake. Patung ini dibangun dengan mereplikasi gaya patung yang ada di Rio de Janeiro, Christ the Redeemer. Tak hanya patung Yesus, kamu juga bisa melihat jembatan kaca yang mengelilinginya. Jembatan kaca sepanjang 90 emter ini disebut yang terpanjang di Indonesia.

c. Desa Pallawa

Di desa ini kamu bisa menemukan rumah adat tertua di Sulawesi, tongkonan. Rumah adat ini merupakan kawasan desa yang bersejarah dan masih terjaga keasriannya. Ada 11 rumah tongkonan dengan alat penumbuk padi tradisional di desa ini.

d. Kolam Air Limbang

Kolam air ini adalah telaga yang terletak dua kilometer dari Kota Rantepao. Pemandangannya sangat eksotik, dikelilingi tebing batu cadas dan air berwarna hijau menyuguhkan pemandangan yang menarik.

e. Gumuk Pasir Sumalu

Tanah Toraja juga memiliki kawasan gumuk pasir Sumalu yang dulu disebut dengan Bukit Pa'buyan. Gunudkan pasir yang mudah terbawa angin ini menjadi latar foto yang ciamik.

18. Borobudur

Borobudur merupakan salah satu kabupaten di Magelang, Jawa Tengah yang terkenal dengan candi Buddha. Candi ini dibangun Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra pada abad ke-8.

Candi Borobudur memiliki relief yang menggambarkan kehidupan sang Buddha dan reinkarnasinya dalam bentuk cerita Jataka dan Lalitavistara.

Objek wisata di Borobudur:

a. Candi Umbul

b. Candi Mendut

c. Gereja Ayam

d. Svargha Bumi

e. Puthuk Setumbu

19. Pulo Cinta

Pulo Cinta di Teluk Tomni Gorontalo adalah salah satu destinasi wisata yang dikenal sebagai Maldivesnya Indonesia. Disebut Pulo Cinta karena bentuk yang mirip dengan jantung hati.

Keindahan alamnya semakin apik dengan lanskap pantai berpasir putih. Pulo Cinta kini telah dibangun resort sehingga sudah tertata apik. Kamu bisa menikmati sunset dan sunrise dari balkon kamar. Aktivitas lainnya kamu bisa menyelam, snorkeling, dan berfoto ria.

Lokasi terkenal di Pulo Cinta:

a. Cottage Pulo Cinta

Desain cottage ini berbentuk hati dengan jembatan kayu yang menghubungkan cottage satu dengan yang lainnya.

b. Landscape Pulo Cinta

Di lokasi ini kamu bisa melihat hamparan laut yang jernih dan berwarna turqoise. Kamu bisa bermain ayunan di tengah laut yang seru.

20. Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas di Lampung merupakan salah satu kawasan konservasi. Mengutip situsnya, Way Kambas dibangun untuk pelestarian dan melindungi kawasan yang kaya akan berbagai satwa liar.

Lokasi wisata ini juga dikenal sebagai hunian The Big Five Mammals yaitu tapir (Tapirus indicus), gajah Sumatera (Elephant maximus sumatranus), harimau Sumatera (Panthera tigris), badak Sumatera (Diserohinus sumatranus) dan beruang madu (Helarctos malayanus).
Kelima hewan mamalia besar tersebut masih terpelihara dan dirawat dengan baik di Way Kambas.

Objek wisata di Way Kambas:

a. Atraksi gajah

Kamu bisa melihat atraksi gajah yang bisa berjoget, parade, bahkan menendang bola.

b. Memandikan gajah

Kamu juga bisa ikut memandikan gajah. Siapa sangka satwa berbelalai panjang dan bertubuh besar itu juga manja saat dimandikan dan bermain air.

c. Resort Way Kanan

Way Kanan merupakan salah satu kawasan minat khusus seperti pengamatan satwa siamang, safari susur sungai Way Kanan-Kuala Kambas, Kali Biru.

Pasang Iklan di sini

Related Posts

Pasang Iklan di sini
Pasang Iklan di sini
Pasang Iklan di sini
Pasang Iklan di sini